Michelin merupakan perusahaan yang bermarkas di Clermont-Ferrand, Auvergne, Perancis dan terutama dikenal sebagai produsen ban yang sudah terkenal di dunia sejak didirikan pada tanggal 28 Mei 1888 oleh dua bersaudara Édouard dan André Michelin. Perusahaan yang bernama lengkap "Compagnie Générale des Établissements Michelin" ini juga terkenal dengan buku petunjuk wisatanya "Michelin Guide", penghargaan Michelin stars untuk restoran dan peta perjalanan.
Pada tahun 1900, André Michelin menerbitkan buku panduan edisi pertama. Buku panduan tersebut dimaksudkan untuk dibaca penggemar otomotif di Perancis. Isinya mengenai cara pemeliharaan mobil, cara menemukan penginapan yang pantas, dan rumah makan yang menyajikan makanan enak setelah lelah berkendara. Buku tersebut juga tidak lupa mencantumkan alamat pompa bensin, bengkel, toko ban, dan WC umum.
Buku panduan dibagi-bagikan secara gratis hingga tahun 1920. Menurut kakak beradik Michelin, buku panduan tersebut mulai dijadikan barang dagangan setelah mereka melihat buku panduan tersebut cuma menumpuk di bengkel. Pembeli rupanya tidak mau memanfaatkan, dan menganggap remeh buku panduan yang dibagi-bagikan gratis.
Pada tahun 1926, buku panduan Michelin mulai mencantumkan gambar bintang untuk rumah makan yang menyediakan makanan enak. Sistem bintang dua dan bintang tiga ditambahkan pada awal tahun 1930. Restoran dan hotel yang masuk ke dalam daftar tersebut diberi peringkat Bintang Michelin. Panduan penghargaan satu sampai tiga bintang untuk sejumlah kecil restoran berkualitas luar biasa. Satu bintang menunjukkan "masakan yang sangat baik dalam kategori", dua bintang mewakili "masakan yang sangat baik, layak memutar kembali", dan tiga bintang yang diberikan kepada restoran yang menawarkan "masakan yang luar biasa, layak untuk perjalanan khusus". Sampul buku panduan mulanya berwarna biru, tapi sejak tahun 1931 diganti menjadi berwarna merah.
Sejak tahun 1955, panduan juga menyoroti restoran yang menawarkan "makanan yang baik pada harga yang moderat", sebuah fitur sekarang disebut "Bib Gourmand". Mereka harus menawarkan item menu harga di bawah maksimum yang ditentukan oleh standar ekonomi lokal. Bib (Bibendum) adalah julukan perusahaan untuk Man Michelin, logo perusahaan untuk lebih dari satu abad.
Semua restoran yang terdaftar, terlepas dari bintang-atau Bib Gourmand-status mereka, juga menerima "garpu dan sendok" penunjukan, sebagai refleksi subjektif dari kenyamanan secara keseluruhan dan kualitas restoran Tingkatan berkisar dari satu sampai lima:. Satu garpu dan sendok merupakan "nyaman restoran" dan lima menandakan "mewah restoran". Garpu dan sendok berwarna merah menunjuk sebuah restoran yang dianggap "menyenangkan" juga. Restoran, terlepas dari penilaian mereka yang lain dalam panduan ini, juga dapat menerima sejumlah simbol lainnya di samping daftar mereka. Buku tersebut merupakan buku tertua mengenai peringkat hotel dan restoran di Eropa yang terus terbit hingga sekarang.
Selain edisi Perancis, Michelin juga mulai menerbitkan buku panduan edisi negara-negara lain. Sejak pertama kali terbit, buku panduan edisi Perancis sudah terjual lebih dari 30 juta eksemplar. Buku merah Michelin untuk Eropa terdiri dari 12 edisi, Perancis, Austria, Belanda, Belgia, Luxemburg, Italia, Jerman, Spanyol, Portugal, Swiss, Britania Rayadan Irlandia, serta edisi "kota utama di Eropa". Semuanya mendaftar lebih dari 45 ribu hotel dan rumah makan di Eropa. Selain negara-negara di Eropa, Michelin juga menerbitkan buku panduan Michelin edisi New York City (sejak 2005), San Francisco (sejak 2006), Tokyo, Los Angeles, dan Las Vegas, Nevada (sejak 2007). Pada akhir tahun 2009, ada 26 restoran bintang tiga Michelin di Perancis, dan total 81 di dunia.
Selain buku panduan hotel dan restoran yang bersampul merah, Michelin juga menerbitkan buku panduan perjalanan dan wisata yang bersampul hijau (Green Guide), dan sejumlah terbitan yang lebih baru, seperti Guide Voyageur Pratique (tips perjalanan), Guide Gourmand (tempat makan ekonomis), Guide Escapade (liburan singkat), dan Guide Coup de Cœur (hotel menurut ciri khas).
0 komentar
Post a Comment