Lazada Indonesia
Fortuna (c) 2013. Powered by Blogger.

Friday 13 September 2013

Siput Langka Dengan Cangkang Transparan


Dalam kehidupan kita sehari-hari, mungkin kita sudah pernah ataupun sudah sering melihat siput, tapi pernahkah anda melihat siput dengan cangkang yang transparan? Baru-baru ini, para ilmuwan dari Universitas Goethe, Frankfurt dan lembaga Biospeleological di Kroasia menemukan siput langka dengan cangkang transparan.



Siput ini ditemukan di salah satu dari 20 sistem gua terdalam di dunia, Lukina Jama-Trojama. Hewan ini ditemukan pada kedalaman yang luar biasa, yaitu 980 meter di gua-gua bawah tanah yang penuh dengan batu dan pasir dengan sungai kecil yang mengalir melewatinya. Mungkin karena tinggal di tempat yang gelap, siput yang diberi nama Zospeum tholussum ini tidak memiliki kemampuan untuk melihat. 



Semua spesies yang tinggal di gua ini dikenal dengan genus Zospeum. Kelompok ini memiliki kemampuan bergerak yang terbatas. Karena mereka mendiami habitat berlumpur, kelompok hewan ini banyak ditemukan di dekat sistem drainase gua dan di dekat air. Selama Ekspedisi, Para ilmuwan hanya menemukan satu spesimen hidup, temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Biology Subterranean.


 

0 komentar

Post a Comment